REVIEW FILM “AYAH MENGAPA AKU BERBEDA” DALAM KONTEKS ILMU KOMUNIKASI


SINOPSIS
Kisah ini berawal dari pasangan suami-istri yang kemudian dikaruniai seorang gadis cantik yang bernama Angle. Gadis ini luar biasa, membawa ketegaran khususnya ayah-ibunya sendiri. Akan tetapi ia terlahir dengan sebuah keterbatasan hingga membuatnya menjadi sosok yang dikagumi semua orang. Lahir prematur dan divonis menderita tunarungu. Meskipun ia terbilang berbeda dengan anak seusianya, namun dalam dirinya begitu banyak tersimpan anugerah yang mungkin tidak orang lain dapatkan. Sungguh hadiah luar biasa dari Tuhan yang dikaruniakan kepadanya. Sejak Angel dilahirkan hingga usianya sekarang, tidak pernah tahu wujud ibu yang telah melahirkannya, hanya foto senyum indah Ibunya yang tergambar disalah satu sudut kamarnya. Ibunya meninggal ketika melahirkan Angel. Ia tinggal bersama Ayah dan Neneknya yang selalu menjaganya bagaikan permata ditengah-tengah keringnya karang.
Kini, Angel beranjak memasuki usia sekolah. Martin Ayahnya, mengajaknya untuk melihat sebuah sekolah. Namun ini berbeda, sekolah luar biasa. Sekolah dimana Angel akan menjadi bagian didalamnya. Dengan hati yang tak kuasa menghadapinya, Ayah membawa Angel masuk. Meskipun sejak pertama melihat seluruh bagian depan sekolah Angel merasakan hal yang tidak biasa, namun Ayahnya tak pernah bosan memberikannya pengertian. Setelah melalui berbagai proses, akhirnya Angel resmi dan mengarungi pendidikannya di sekolah itu. Beberapa tahap berhasil diembannya, Guru disekolahnya pun heran dibuatnya. Kemampuannya jauh lebih berkembang dibandingkan anak-anak lainnya, hingga setara dengan kemampuan anak-anak normal diluar sana. Bahkan meraih predikat nilai terbaik dikelasnya. Semuanya…senang mendengernya, Gurunya menyarankan Ayah Angel untuk mencoba berpikir memindahkan Angel ke sekolah biasa pada umumnya.
Tentunya dengan saran tersebut membuat Martin, Ayahnya berpikir ulang untuk benar-benar mendengarkan saran guru tersebut. Tapi berpindahnya Angel bisa terbilang membuat Ayah dan Neneknya khawatir, ada ketakutan jika Angel tidak bisa beradaptasi bahkan tidak diterima dilingkungan sekolah barunya. Seiiring berjalannya waktu sejauh Ia berada ditempat itu, gadis luar biasa ini bisa membuktikan kepada Ayah dan Neneknya kalau Ia mampu menghadapi segala kemungkinan yang bagi orang lain tidak mungkin Ia lakukan. Angel memiliki seorang Nenek sekaligus Ibu ke-2 yang cerdas. Sebelumnya, Neneknya telah menyiapkan note kecil yang disisipkan dengan pena diatasnya dan ada tali yang menggantung, sehingga kemana pun Angel pergi, Ia bisa membawanya. Dengan begitu, Angel bisa menuliskan segala yang Ia perlukan disana, dan komunikasi dengan temannya.
Pelajaran yang berharga juga bisa kita temukan dalam film ini. Tidak sedikit yang merasa aneh ketika Angel menghabiskan separuh waktunya di sekolah itu. Hanya ada Hendra, sahabat yang selalu setia menemani hari-hari penuh cerita seorang Angel. Antara harus senang atau sedih yang selalu Angel rasakan ketika menginjakkan kaki di sekolahnya itu. Anges, dia lah perubah senyum manis Angel menjadi butiran air mata. Hanya karena keterbatasan, Agnes dengan sinisnya selalu saja membuat Angel tersiksa. Dihina, dicaci, dilukai baik secara fisik maupun psikisnya. Angle tetap bertahan, kuat, tegar, dan berani menghadapinya. Sampai-sampai membuat lawannya itu terheran-heran bahkan bisa mengalahkan kemampuan Agnes baik dalam pelajaran maupun musik. Piano itulah alat musik dengan dentingan yang indah saat tutsnya dimainkan oleh seorang Angel. Berkat kemampuannya itu, Ia bisa bergabung dalam klub musik yang dipimpin oleh Bu Katrina.
Usai jam pelajaran selesai, Angel dan teman-temannya selalu menyisihkan waktu untuk berlatih piano diruang musik tentunya dengan arahan Bu Katrina. Kendalanya bukan karena Ia tidak bisa mendengar, tapi hadirnya Agnes dan teman-temannya. Setiap latihan selalu saja ada tingkah laku Agnes yang membuat kesabaran Angel teruji. Alasan berlatih adalah karena diumumkannya konser untuk tim musik sekolah ini oleh Ibu Katrina. Singkat cerita, tiba-tiba tanpa diketahui oleh Angel, Ayahnya jatuh pingsan dan harus dilarikan ke rumah sakit oleh pembatunya dirumah. sakit jantung yang diderita oleh Ayah Angel, dan itu sudah pasti membuatnya sedih. Meskipun Agnes telah melarangnya ikut serta dalam konser itu, namun Angel tidak memperdulikannya. Ia telah berjanji kepada Ayahnya, kalau Ia akan menampilkan yang terbaik untuk Ayahnya.
Hari konser pun tiba, Agnes dan teman-temannya ternyata telah mempersiapkan hal buruk untuk Angel. Dibelakang panggung tepatnya didalam sebuah kotak, ada rambut palsu dan baju compang camping bahkan robek dibeberapa bagiannya. Mereka menyuruh Angel untuk memakainya di atas panggung. Tanpa ada pilihan lain Ia tetap harus memakainya, karena kalau tidak Ia tidak diizinkan untuk tampil oleh mereka. Angel memang anak yang berhati mulia, demi janjinya dan untuk membuat Ayahnya bangga, Ia melakukan semua yang Agnes perintahkan dengan air mata yang jatuh dipipinya. Mereka berpikir Angel akan ditertawakan oleh semua orang yang menyaksikan konser itu, tapi ternyata salah. Memang awalnya ketika Angel berdiri dihadapan orang banyak, mereka semua terlihat heran. Tapi setelah tuts piano Ia mainkan, semua nampak hening. Hingga berakhir pada tepuk tangan meriah dari seluruh penonton yang menyaksikannya.
Ayah Angel menyaksikan putrinya dengan bangga menangis bahagia anaknya benar-benar menepati janji untuk tampil luar biasa dihadapan semua orang yang mungkin memandangnya sebelah mata. Angel langsung berlari menuruni panggung dan menuju tempat Ayahnya. Tak tersadar air matanya pun mengalir saat memeluk erat Ayahnya. Semua yang telah Ayahnya ajarkan kepadanya, kini Angel mengerti “Mengapa Ia berbeda dengan yang lainnya”.Angel percaya mereka yang terlahir dengan kekurangan sepertinya di dunia ini adalah mereka yang bahagia karena keterbatasannya.

REVIEW
Di dalam film ini cara berkomunikasi Angle menggunakan komunikasi verbal melalui gerakan tangannya begitupun dengan Ayah, nenek dan teman-temanya ketika berkomunikasi dengan Angle mereka menggunakan gerakan tangan yang dapat dimengerti Angel.
Ketika ayah dan nenek angle membicarakan untuk memindahkan sekolah angle  ke sekolah umum, disitu ayah angel meyakinkan kepada nenek angle bahwa angle punya kemampuan yang lebih dan mampu untuk bersaing dengan teman lainnya yang normal.  Di sini Ayah angle berkomunikasi menggunakan bahasa yang sopan dan merupakan salahsatu fungsi komunikasi yaitu komunikasi instrumental yang bertujuan agar nenek angle yakin dengan kemampuan dan potensi Angle untuk masuk di sekolah umum.  Dan ketika  teman-teman sekolah angle berkomunikasi  mereka menggunakan bahasa komunkasi yang nonformal dan apa adanya.
Berikut ini adalah contoh dari komunikasi verbal yang ada pada film Ayah Mengapa Aku Berbeda,
Guru SLB Angel berkata :”seperti  bapak ketahui nilai raport Angle jauh dari rata-rata, kami khawatir, kami tidak bisa memaksimalkan perkembangan potensi Angle dan kami yakin angle mempunyai potensi yang sangat  besar. Kami sarankan angle dipindahkan ke sekolah umum seperti di kota besar agar dia mendapat peluang yang lebih luas, angle jangan di remehkan dia adalah anak yang genius.”
Bahasa verbal ini ditujukan kepada ayah Angle bahwa angle mempunyai potensi yang bagus dan menyarankan untuk memindahkan sekolah Angle ke sekolah umum, ini merupakan komunikasi antar pribadi karena berkomunikasi secara tatapmuka dan melibatkan hanya dua orang dan komunikasi ini berlangsung secara sengaja karena ada pemberitahuan atau undangan terlebih dahulu kepada Ayah Angel untuk membicarakan hal itu.
Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata mengandung arti, bisa menggunakan tanda atau simbol atau biasa disebut bahasa isyarat atau bahasa diam (slient language).
Komunikasi non verbal dalam film ini juga terperagakan setiap komunikasi verbal diiringi dengan ekspresi dan gerak geriknya. Ketika ayah Angle sedang berbicara dengan Guru sekolah LSB Angle, ia berkata”apa saya gak salah denger?” ekspresi bangga, senang dan tidak percaya ayah angle yang terpancar dimukanya. Ini merupakan komunikasi non verbal yang disampaikan Ayah Angle
Beberapa contoh komunikasi non verbal dalam film “Ayah Mengapa Aku Berbeda”
1.      Menangis. Ketikal Ibunda Angel meninggal, Angle dijaili oleh teman-teman sekelasnya, ayah Angel terharu ketika Angle diterima di sekolah umum, Ayah angle masuk rumah sakit karena serangan jantung dan meninggal dunia, dan ketika Teman dekat Angle meninggal dunia.
2.      Berpelukan. Ketika ayah, nenek, dan teman Angle memeluk Angle karena kasih sayang dan kepeduliannya.
3.      Angle, nenek, dan teman-temannya jiarah, mereka mengenakan pakaian hitam. Ini menunjukan bahwa mereka sedang berkabung/ sedih dan ini menunjukan salah satu dari fungsi komunikasi yaitu komuniksi ritual
Komunikasi antar pribadi, terjalin sejak Angel lahir. Ayah dan anaknya berkomunikasi verbal melalui gerakan tangannya, ketika Angel berkenalan dengan teman barunya yang bernama Hendra disitu terjadi komunikasi pribadi, awalnya komunikasi mereka mengalami gangguan atau karena Angel berkomunikasi melalui gerakan tangannya tapi dengan beriringnya waktu komunikasi merekapun lancar, terlihat dari  persahabat mereka yang baik.
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalah komunikasi dengan diri sendiri. Terjadi  Ketika Angle berpikir mengapa dia berbeda padahal dia dilahirkan dengan cara yang sama melalui perjuangan seorang ibu. Dia bertekad untuk terus semangat dalam mengahadapi semua cobaannya,dan dia berjuang untuk membuktikan bahwa Tuhan Maha Kuasa dalam segala rencananya.
Komunikasi kelompokpun terjadi ketika Agnes dan temannya  menjaili Angel.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masjid Ath Thoir mengadakan Mubaliginan

Do’a Bersama Gantikan Rutinitas Pengajian Di Masjid Ath-Thoi